Smart Trashbin Automation

97 0

Sampah merupakan salah satu permasalahan yang dihadapi oleh banyak kota di Indonesia. Semakin tinggi jumlah penduduk dan aktivitasnya, membuat volume sampah semakin meningkat. Ketika kapasitas bak tempat sampah tersebut sudah melebihi batas maksimum, tempat sampah harus segera diangkut oleh petugas sampah. Tempat sampah yang tidak segera diangkut dapat menyebabkan masalah seperti bau tidak sedap, lingkungan menjadi kotor, sampah menjadi menumpuk hal ini dapat menganggu lingkungan menjadi tidak nyaman.

  Masalah sampah menjadi masalah yang tidak bisa di hindari dan terus berkembang. Jika dibiarkan akan berdampak pada lingkungan yang tidak sehat. Sampah juga bisa mengakibatkan penyumbatan pada saluran drainase dan sungai. Masih kurangnya kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap kebersihan lingkungan menyebakan permasalahn sampah menjadi persoalan serius bagi pemerintah.

Kurangnya teknologi informasi pengelolaan sampah oleh petugas kebersihan menyebabkan penanganan sampah menjadi lambat. Informasi tentang kondisi volume tempat sampah dapat membantu mencegah menumpuknya sampah dan penularan penyakit. Maka dari itu, di butuhkan alat deteksi dan peringatan dini tentang kondisi volume tempat sampah yang dapat mengirimkan informasi bahwa tempat sampah sudah penuh untuk segera diproses dengan cepat. Dengan itu, diharapkan dengan adanya teknologi tersebut penumpukan sampah di lingkungan masyarakat baik di lingkungan terbuka, sekitar perumahan, perkantoran, maupun sekolah. sehingga lingkungan kembali terlihat bersih dan asri serta menuruni resiko penyebaran penyakit. 

Maka dari itu, kami ingin membuat tempat sampah otomatis yang dapat membuka dan menutup tempat sampah secara otomatis serta dapat mengukur volume sampah.

Related Post

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *