PesatFest 2022

399 0

Gelorakan Cinta Budaya Nusantara

Pesat Festival dan Apresiasi Budaya Nusantara 2022, kembali Digelar.

Guna mengapresiasi kemampuan intelektualitas kader bangsa, serta membangun semangat cinta Tanah Air, SMA Plus PGRI Menggelar hajatan akbar Pesat Festival dan Apresiasi Budaya Nusantara. Bertempat di halaman sekolah, kegiatan ini berlangsung pada 10-11 Nopember 2022, dengan mengusung tema “Tingkatkan Produktivitas Diri Dengan Karya dan Inovasi di Bidang Sains, Teknologi dan Sosial Budaya”.

Kepala Sekolah SMA Plus PGRI Cibinong, Basyaruddin Thayib mengatakan acara Pesat Fest ini merupakan agenda tahunan yang rutin dilaksanakan, agar siswa nantinya mampu menguasai teknologi sekaligus juga menjadi seorang nasionalis sejati. Ia berharap nantinya siswa mampu membangun Indonesia dengan bekal kemampuan yang dimilikinya. Menurutnya, selain berbekal kecerdasan, generasi muda saat ini juga harus religius dan mencintai bangsanya. “Saya bangga, melihat kemampuan intelektualitas siswa hari ini, teruslah berkarya dan pupuk terus rasa cinta terhadap budaya bangsa,” ujarnya.

Dalam sambutannya, Direktur Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kemendikbudristek, Judi Wahjudin menambahkan, kemampuan berseni budaya sangat dibutuhkan untuk menjadikan siswa lebih adaptif, serta memiliki kemampuan kolaboratif. Apalagi data statistik menunjukan 60 persen jumlah penduduk Indonesia didominasi usia produktif. “Sudah waktunya, sekolah memberikan asupan yang positif agar mereka memiliki karakter mencintai budayanya sendiri. Dan sekolah ini sudah sejak lama membuktikannya,” tuturnya.

Wakil Ketua YPLP PGRI Perwakilan Jawa Barat, Een Sobandi menambahkan, kegiatan seperti ini sudah sepatutnya dilestarikan agar nilai-nilai budaya bangsa tidak tergerus oleh budaya negara lain. Menurutnya melestarikan kebudayaan, berarti ikut melestarikan Pancasila sebagai dasar negara kita. “Pantas saja sekolah ini menjadi rujukan sekolah PGRI se Indonesia, saya bangga. Karena yang seperti ini jarang menjadi perhatian sekolah lain. Acara ini tidak ada tandingannya khususnya di Kabupaten Bogor,” ujarnya.

Praktisi Pendidikan, Indra Charismiadji yang turut hadir juga menuturkan, kebanggaanya menjadi bagian dari acara yang luar biasa ini. Menurutnya, pembelajaran berbasis proyek bukan tidak mungkin akan menghasilkan karya-karya yang unggul di masa mendatang.

“Generasi sekarang harus mulai menyiapkan diri sebagai pencipta lapangan kerja. Dan acara science yang dikemas semacam ini dengan kolaborasi nilai-nilai budaya, membuat saya terkagum-kagum,” pungkasnya.

(Tim Liputan : Pradiesta/Arum/Student Day Jurnalistik SMAPlusPGRICibinong)

Related Post

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *