PEMBUATAN GAME PETUALANGAN MENGEMUDI DI LUAR ANGKASA DENGAN DUNIA INTERAKTIF BERBASIS VIRTUAL REALITY MENGGUNAKAN UNITY ENGINE

161 0

KNOWLEDGE SHARING MARET 2024 DIVISI RPL. “Pembuatan game petualangan mengemudi di luar angkasa dengan dunia interaktif berbasis virtual reality menggunakan unity engine”

Pada era industri sekarang ini teknologi berkembang pesat setiap harinya, banyak kreativitas dan inovasi yang terus meningkat. Seperti yang kita ketahui pandemi covid 19 sudah lama berakhir akan tetapi pandemi tersebut telah menyebabkan beberapa fenomena industri terjadi dan salah satunya ialah fenomena “The Great Acceleration” dimana kita dipaksa untuk merubah pandangan serta kemampuan kita dalam dunia teknologi. Fenomena “The great acceleration” juga merupakan salah satu pemicu terjadinya percepatan industri dan seperti indonesia sendiri sudah memasuki era revolusi industri 4.0 dimana kita akan segera menghadapi tantangan industri di era baru dimana era ini disebutkan era manusia super cerdas atau biasa disebut dengan era society 5.0.

 Salah satu industri yang perkembangannya luar biasa adalah industri game. Game merupakan sesuatu yang dapat dimainkan dengan peraturan tertentu sehingga ada yang menang dan kalah, biasanya game bertujuan untuk refreshing. Game sendiri berkembang sangat pesat di Indonesia untuk beberapa tahun belakangan ini

Perkembangan game di Indonesia saat ini telah menunjukan peningkatan yang signifikan, dengan banyak munculnya pengembang lokal yang menciptakan konten kreatif dan inovatif. Dilansir dari detikinet 2021, Menurut Johnny G. Plate, Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia, Pada tahun 2020, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyampaikan, bahwa industri game di Indonesia berhasil menyumbang Rp 24,88 triliun atau 2,19% kontribusi dari total PDB nasional

Perkembangan Indonesia dalam industri gamenya juga terlihat dari perkembangan VR dan 3D. Perkembangan ini menciptakan tantangan dan peluang bersaing untuk menggali lebih ke dalam teknologi game, salah satunya dengan penggunaan Virtual Reality (VR) dalam konteks kreatifitas.

Virtual Reality (VR) sendiri adalah teknologi yang menciptakan lingkungan simulasi komputer yang imersif dan interaktif. Dalam lingkungan VR, pengguna dapat berinteraksi dengan objek dan dunia maya dengan cara yang menyerupai pengalaman dunia nyata. Saat ini, banyak perusahaan mencari individu dengan keterampilan dalam pengembangan VR untuk menciptakan konten yang inovatif dan menarik.

SMA Plus PGRI Cibinong, sebagai lembaga pendidikan modern selalu memanfaatkan teknologi sebagai salah satu opsi media pembelajaran yang interaktif dan menarik. Virtual Reality sendiri, menjadi salah satu teknologi yang digunakan. IT Fun Room merupakan contoh penerapan Virtual Reality di SMA Plus PGRI Cibinong. Seperti yang kita ketahui saat tahun lalu diadakannya turnamen Esport Mobile Legend, warga sekolah SMA Plus PGRI Cibinong terlihat sangat antusias. Hal tersebut membuktikan bahwa game masih menjadi salah satu opsi hiburan yang digandrungi oleh warga sekolah. Apalagi jika game tersebut berbasis Virtual Reality.

Virtual Reality pun tidak hanya menawarkan pengalaman bermain yang menyenangkan, tetapi juga dapat menyajikan peluang bisnis yang menarik. Kopasus IT dapat membuka sebuah peluang Enterpreneur dengan menjual jasa WARTY (Warnet Virtual Reality) dimana WARTY ini menyediakan jasa sewa bermain game VR untuk warga sekolah. Maka, Penggunaan Virtual Reality di dunia game ini diharapkan dapat menjadi warna baru dalam variasi hiburan bagi siswa siswi dan memberikan alternatif yang menyegarkan di tengah keberagaman game yang telah ada di SMA Plus PGRI Cibinong. Seperti yang dibilang pada awal latar belakang bahwa kita akan segera memasuki era yang dimana era tersebut kita dituntut untuk menjadi orang yang selalu berfikir kreatif dan juga memiliki daya saing yang tinggi.

Oleh karena itu, kami tertarik untuk membuat penelitian yang berjudul “Pembuatan Game Petualangan mengemudi di luar angkasa dengan dunia interaktif berbasis Virtual Reality menggunakan Unity Engine”. Kami berharap dengan penulisan ini dapat memberikan warna baru di SMA Plus PGRI Cibinong dan menjadi jawaban bahwa anggota kopasus IT selalu berfikir kreatif dan memiliki daya saing yang tinggi.

Karya ini dibuat oleh :
1. Naufal Fatihul Rizky
2. Mochamad Nur Avandi
3. Putri Alisha Febrianti
4. Rachel Valencia

Di bimbing oleh :
1. Tio Dwi Akbar, S.T
2. Aga Yanupraba, S.Kom
3. Ahmad Muhammad, S.Kom
4. Auliya Dhava Wima

Related Post

PLS HARI KE-4

Posted by - July 21, 2022 0
PESATNEWS – Kamis, 21 Juli 2022 SMA Plus PGRI Cibinong melaksanakan pembekalan untuk salah satu program unggulan yaitu Virtual Coordinator…

Kunjungan Perwakilan YPLP PGRI Jawa Barat

Posted by - August 25, 2023 0
Kunjungan Perwakilan YPLP PGRI Jawa Barat dalam rangka persiapan Olimpiade tingkat Nasional di Palembang LINK PENDAFTARAAN :http://smapluspgri.info/pendaftaran—————————————————https://linktr.ee/smapluspgricibinong______________________________________Hotline : +62 813-8812-7557Semua…

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *