Pelatihan Google Workspace For Education Sabtu, 21 Januari 2023

778 0

Tingkatkan Pengetahuan IT Para Guru

SMA Plus PGRI Cibinong Menggelar Pelatihan Google Workspace For Education.

Cibinong, PezatNews – Guna meningkatkan pengetahuan pada bidang IT, SMA Plus PGRI Cibinong mengadakan pelatihan Google Workspace for Education, Sabtu (21/01). Google Workspace for Education merupakan salah satu program dari perusahaan Google dalam rangka membantu pelaksanaan pembelajaran diseluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMA Plus PGRI Cibinong, Sri Wilujeng menjelaskan, tujuan dari pelatihan ini, yaitu meningkatkan kemampuan bidang IT para guru dalam menggunakan aplikasi google. Adapun pelatihan ini nantinya akan rutin dilakukan disetiap minggunya, selain menambah skill dalam bidang IT tetapi juga, untuk mengulas dan mengingat kembali cara mengajar serta model pembelajaran yang diterapkan.

“Guru yang mengikuti pelatihan ini adalah guru aktif yang mengajar mata pelajaran di SMA Plus PGRI Cibinong.Pelatihan ini digunakan untuk persiapan administrasi, menggunakan tempat tampung yang berbagai macam, karena sekolah kita berbasis IT jadi para guru juga di tuntut untuk bisa menguasai IT agar tidak tertinggal dengan kemajuan jaman,” ujarnya.

Guru SMA Plus PGRI Cibinong, Dwi Apriani mengaku cukup tertarik mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh pihak sekolah. Apalagi kata dia, didalam pelatihan ini para guru dimaksimalkan dalam menggunakan akun belajar.

“Tadi kita mencoba membuat program tahunan menggunakan google doc, jadi program ini bisa dishare kepada siswa dan siswa bisa langsung melihat program tahunan beserta dengan video serta materi yang ada di dalam program tahunan tersebut. Bermanfaat banget, alhamdulillaah,” tuturnya.

Seperti diketahui, Pemerintah pun telah turut serta dalam upaya memajukan pendidikan di Indonesia. Salah satunya adalah dengan membuatkan akun pembelajaran bagi pendidik, peserta didik, dan termasuk tenaga kependidikan. Akun Pembelajaran merupakan akun elektronik yang memuat nama pemilik akun (user ID) dan passwordnya yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.Akun pembelajaran ini dapat digunakan oleh peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan sebagai akun untuk mengakses layanan/aplikasi pembelajaran berbasis elektronik, termasuk Materi pelatihan Google workspace for education.

Dengan akun pembelajar ini, para guru dapat mengases berbagai fasilitas dari Google Workspace for Education. Google Workspace for Education terdiri dari: Google Drive, Google Document, Google Slide, Google Spreadsheet, Google Form, Google Meet, Google Classroom, Google Sites, Gmail, dll.

Untuk bisa menggunakan seluruh fasilitas di Google Workspace for Education, seluruh guru harus mampu menjalankan fasilitas tersebut. Untuk itulah pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan berbagai elemen pendidikan melakukan pelatihan penggunaan Google Workspace for Education kepada guru diseluruh Indonesia.

Sampai jumpa di pelatihan selanjutnya Bapak/Ibu Guru! Tetap Semangat yaa..

(Tim Liputan : Aliya/Nayla/Nabila/Salsabilla/Ghaliah/Studentday Jurnalistik SMA Plus PGRI Cibinong)
(Tim Dokumentasi : Kopasus IT Divisi Multimedia)
(Tim Website : Kopasus IT Divisi RPL)

Related Post

Pengenalan Lingkungan Sekolah Hari ke-1 2023-2024

Posted by - July 19, 2023 0
PLS H1Tahun Pelajaran 2023/2024SMA PLUS PGRI CIBINONG http://smapluspgri.info/pendaftaran————————————————— https://linktr.ee/smapluspgricibinong ______________________________________ Hotline : +62 813-8812-7557 “Sekolah Para Kader Bangsa” More info…

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *